Anda memiliki masalah dengan karat yang menempel di kunci gembok rumah anda sehingga gembok tidak bisa lagi dipakai? sudah tau bagaimana mengatasi karat tersebut?apabila belum mengetahuinya, jangan khawatir, saya akan berbagi tips mudah & murah agar kunci gembok yang anda pakai tidak mudah berkarat ataupun usang akibat gesekan secara terus menerus.

Pada umunya karat yang muncul di gembok biasanya karena paparan sinar matahari, debu dan tetesan air hujan secara terus menerus, sehingga gembok akan lebih cepat berkarat dan usang. Daripada harus membeli gembok baru, alangkah baiknya anda melakukan perawatan sehingga tidak mengeluarkan uang dari kantong celana anda. Berikut alat-alat yang perlu anda siapkan :

  1. Pelumas (oli, minyak goreng)
  2. Tang
  3. Tisue

Langkah-langkah :

  1. Teteskan secukupnya oli ke lubang kunci dan sela-sela gembok, anda juga bisa memakai minyak goreng apabila tidak memiliki oli baru/bekas. Diamkan beberapa saat agar oli/minyak goreng masuk dan membasahi per yang ada didalam gembok.
  2. Setelah didiamkan beberapa saat, oleskan oli/minyak goreng ke batang kunci dan teteskan lagi oli secukupnya ke lubang kunci.
  3. Putar kunci secara berulang-ulang sampai dirasa cukup untuk dipakai kembali. Apabila kunci susah dimasukan atau sulit diputar karena didalamnya ada karat, pakai tang untuk mempermudah anda. Jangan dipaksakan memutar, karena akan merusak per serta bisa mematahkan batang kunci, perlahan-lahan saja sampai kunci bisa berputar dan bisa dipakai kembali.
  4. Bersihkan gembok dengan tisue.

Tips diatas juga berguna untuk mengurangi gesekan kunci dengan per yang ada didalam gembok, sehingga masa pakai kunci akan lebih tahan lama. Namun, apabila kunci gembok sudah terlanjur usang akibat gesekan, anda bisa menduplikasi kunci tanpa harus mengganti gembok yang ada.

Apabila dengan menggunakan oli ataupun minyak goreng dirasa kurang modern, anda bisa memakai WD sebagai pelumas untuk segala jenis kunci. Rawatlah kunci gembok yang anda miliki secara rutin agar terhindar dari karatan atau rusak akibat gesekan.

Pada dasarnya, perawatan untuk kunci seperti mesin mobil, lubang kunci dan per yang ada didalam gembok tidak bisa dibiarkan terlalu lama mengering, apabila mengering akan terjadi gesekan antara anak kunci dan per didalam gembok, sehingga memunculkan gesekan dan menipis.

 

Info Lain